Senin, 12 Agustus 2013

Writing Excercis, Cara Menulis yang Jitu!

Halo sobat bloggy!!
Postingan kali ini saya ingin membagi pengalaman tentang hal tulis-menulis. Meskipun ini bukan pertama kalinya saya menulis tetapi rasanya menulis sesuatu yang dapat bermanfaat untuk orang lain adalah hal yang sulit. Bagi saya pribadi, menulis sudah menjadi hobi sejak bisa mengenal huruf abjad. Tulisan awal saya pernah memenangkan juara lomba cerita cinta dari Corneto di Majalah Gadis. Sebenarnya pada saat itu saya juga tidak terlalu yakin akan menang. Tetapi berkat dukungan teman dan guru saya terus mengolahnya menjadi sebuah tulisan yang menarik.
Kembali pada permasalahan menulis tadi. Saya masih terlalu sulit untuk mengawali sebuah karya tulis yang bagus. Alur yang runtut terkadang menjadi kendala dalam dunia menulis. Banyak komentar dari sensei-sensei KBM bahwa tulisan saya masih muter-muter di tempat. Padahal saya sudah berusaha untuk memperbaikinya.
Ternyata dalam dunia menulis, kunci utamanya adalah terus berusaha dan memulainya. Karena dengan mengawali sepatah kata maka sebuah tulisan akan mengalir dengan indah.
Di beberapa blog penulis saya menemukan tips-tips yang semoga bermanfaat untuk teman pembaca. Di antaranya :

1.       Menulis bebas
Menulis bebas adalah, menuliskan kejadian yang kita temui sehari-hari. Misalnya : “Setiap pagi lalu lintas selalu macet. Kendaraan yang begitu banyak merayap padat di jalan. Mereka memiliki satu tujuan yang sama yaitu menuju kantor, sekolah atau tempat kerja lainya. Kemacetan di sini semakin hari semakin bertambah. Karena banyaknya pengguna jalan beroda empat”
2.       Action
Lakukanlah ! Suatu tulisan tidak akan pernah ada sebelum kita memulainya. Jadi, kunci untuk menulis adalah sesegera mungkin menuangkan ide yang muncul di kepala kita. Maka ide-ide lain akan mengalir mengikutinya.
3.       Amati, Tiru dan Modifikasi
Setelah kita berusaha untuk terus menuliskan apa yang ingin kita tulis. Kemudian Amati sebuah artikel lain yang terkenal. Tiru cara penulisannya. Seperti tanda baca, alur dan motif bahasannya. Kemudian modifikasi dengan cara anda sendiri. Karena setiap penulis mempunyai taste dan gayanya masing-masing.
4.       Motivasi
Temukan motivasi anda untuk menulis. Dalam sebuah buku pernah dikatakan. “Bahwa menulislah untuk mengabadikan diri anda”


Jadi, segeralah temukan diri anda dalam tulisan. Do the best with write your self !

Tidak ada komentar: