Rabu, 14 Oktober 2009

Pendekatan Psikoanalitik

PENGERTIAN PENDEKATAN PSIKOANALITIK

Konsep pendekatan Psikoanalitik mengenai perilaku manusia dikembangkan oleh Sigmund Freud di benua Eropa pada waktu yang hampir bersamaan dengan masa evolusi aliran behaviorisme di Amerika Serikat. Pandangan Psikoanalitik mempunyai pengaruh yang mendalam terhadap pemikiran psikologi. Teori yang dikemukakan Sigmund Freud Mengatakan bahwa sebagian besar perilaku kita berasal dari
Proses yang tidak disadari
(unconscious processes)


Yang dimaksud freud tentang proses yang tidak disadari adalah :
• Adalah pemikiran, rasa takut, keinginan-keinginan yang tidak disadari seseorang tetapi membawa pengaruh terhadap perilakunya.
• Example : Anda mungkin saja mempunyai ketakutan tidak lulus pada ujian akhir, oleh karena itu anda mencoba untuk belajar dengan giat demi kelulusan Anda.

Freud juga beranggapan bahwa :
1. Di dalam diri manusia terdapat berbagai macam impuls yang seringkali dilarang atau dihukum oleh orangtua pada masa kanak-kanak.
2. Impuls itu sebenarnya adalah bawaan atau instinc yang dibawa sejak lahir, karena setiap orang lahir dengan membawa berbagai impuls.
3. Melarang impuls itu hanya akan mendorong mereka keluar dari kesadaran dan masuk ke bawah sadar mereka. dimana mereka akan tetap mempengaruhi mimpi,mannaerisme dan bermanifestasi.

Freud juga berpendapat bahwa :
• Semua tindakan kita memiliki sebuah penyebab tetapi penyebab itu lebih sering merupakan motif bawah sadar kita ketimbang penalaran rasional yang menggerakkan perilaku kita.


Dalam teori Psikoanalitik, Freud membagikan struktur psikis atau mental manusia ke dalam 3 bagian yaitu :
• Id
• Ego
• Super Ego

1.Apakah Id itu ???
Id merupakan dorongan biologis yang berada dalam ketidaksadaran (dorongan nafsu) yang beroperasi menurut prinsip kenikmatan (pleasure principle) struktur mental ini sudah ada sejak lahir (bawah sadar)

2.Apakah Ego itu ???
Ego adalah struktur fikiran yang beroperasi menurut prinsip kenyataan (reality principle), yang mengutamakan pemikiran logika dan rasional (tahap sadar).

3. Apakah Super Ego itu ???
Super Ego itu Merupakan struktur yang terbentuk dari komponen sosial dan moral, struktur ini bertanggung jawab menentukan tingkah laku baik dan buruk,beroperasi menurut prinsip moral.


Pandangan negatif Freud mengenai kodrat manusia
• Dalam perspektif psikoanalitik, Freud mengemukakan bahwa sifat manusia dasarnya adalah negatif, ia meyakini bahwa kita didorong oleh instinc yang sama dengan hewan terutama seks dan agresi, dan kita secara terus menerus berjuang melawan suatu masyarakat yang menekankan terhadap pengendalian impuls tersebut.
• Pemikiran Freud tentang agresi adalah naluri sadar kita yang terus-menerus bergulat menentang masyarakat yang menekankan pengontrolan impuls ini. Ia juga menyatakan bahwa agresi adalah suatu instinc (naluri)yang berarti bahwa orang melakukan agresi untuk mengekspresikan keinginan pembawaan (inborne desire).

Tidak ada komentar: